Penasaran Terang Bulan Makanan Khas Dari Mana? Yuk, Cari Tahu Asal Daerah Kuliner Unik Ini!

PTMJS.CO.ID – Kalau ditanya kue terang bulan makanan khas dari mana, apakah kamu bisa menjawabnya? Kebanyakan orang belum tentu bisa menjawabnya, karena kue yang memiliki cita rasa manis ini mempunyai sejarah yang unik.

Jadi, sebelum kamu menjawab kue terang bulan makanan khas dari mana, sebaiknya kamu ketahui dulu sejarahnya.

Dengan begitu, kamu bisa menjawab kue terang bulan makanan khas dari mana, kamu sudah bisa menjawabnya.

Nah, buat kamu yang pengen tahu sejarah dari kue yang memiliki banyak nama di beberapa daerah ini, simak terus artikelnya sampai selesai yah!

Sejarah Singkat Kue Terang Bulan Makanan Khas Dari Mana?

terang bulan makanan khas dari

Menyusuri sejarah singkat dari kue yang terbuat dari bahan dasar tepung ini merupakan makanan khas yang berasal dari pulau Bangka.

Bahkan menurut beberapa sumber menyebutkan kalau kue adonan tepung dan telur yang menyerupai panekuk ini dibawa oleh orang Hakka ke daerah tersebut.

Dulunya kue ini disebut sebagai Hok Lo Pan, yang artinya adalah kuenya orang Hoklo atau Hokkien.

Kemudian seiring dengan perkembangan jaman, dan berjalannya waktu. Beberapa peranakan orang Hakka menyebar ke berbagai pulau yang ada di Indonesia.

Tidak lupa dengan membawa resep kudapan manis ini untuk diperdagangkan sebagai kuliner dengan cita rasa manis.

Kemudian namanya pun berganti menjadi martabak manis, setelah salah satu orang Hakka yakni Hioe Kiew Sem pindah ke daerah Jawa Barat.

Awalnya kue ini dijual dengan nama aslinya, namun menurut beberapa sumber mengatakan namanya berganti menjadi martabak manis karena jualannya berdekatan dengan martabak telur.

Sehingga sampai sekarang banyak orang yang berdomisili di daerah Indonesia bagian barat mengenalnya dengan nama martabak manis.

Nama Kue Terang Bulan

Berbeda dengan daerah bagian barat Indonesia, kue ini di daerah Yogyakarta dan daerah bagian timur lebih dikenal dengan nama terang bulan.

Ada alasan menarik kenapa namanya terang bulan, tidak lain disebabkan oleh bentuknya yang bulat sempurna dan warnanya yang kuning serta lubang-lubang kecil seperti rembulan.

Halaman: 1 2
Selanjutnya
Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *