Cara Membuat Konsep Desa Wisata dan Tahapan Pentingnya

Cara Membuat Konsep Desa Wisata dan Tahapan Pentingnya

PTMJS – Menemukan cara membuat konsep desa wisata memang tak sesulit saat harus mempraktekkannya.

Ada banyak artikel di laman internet yang membahas mengenai cara membuat konsep desa wisata berikut dengan langkah-langkahnya.

Anda perlu mengetahui cara membuat konsep desa wisata untuk bisa mewujudkannya agar menjadi sebuah destinasi.

Saat ini pemerintah terutama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah giat mengkampanyekan desa wisata.

Desa wisata bukan hanya menjadi destinasi bagi para wisatawan juga mengangkat ekonomi warganya.

Pariwisata menjadi salah satu sektor yang terus meningkat perkembangannya sejak pandemi dinyatakan berakhir.

Hal tersebut berlaku bukan hanya di Indonesia saja, juga dibanyak negara lainnya di dunia.

Anda yang menjadi pengelola desa dengan potensi wisata di dalamnya, perlu melakukan beberapa langkah.

Berikut ini langkah atau tahapan yang perlu Anda lakukan untuk membuat sebuah desa wisata.

1. Rintisan

Sebagai tahap awal akan ditentukan desa mana yang memiliki potensi wisata, tapi masih banyak kekurangan.

Desa yang belum pernah didatangi para wisatawan dan saraan serta prasarana yang belum lengkap menjadi salah satu kategorinya.

Bukan itu saja, kesadaran masyarakatnya kan pariwisata masih kurang menjadi alasan wajib untuk dikembangkan menjadi desa wisata.

Dengan potensi wisata yang besar pada desa tersebut, maka sangat disayangkan bila tak dikembangkan.

2. Berkembang

Tahap kedua adalah bagi desa yang memiliki potensi wisata dan mulai dilirik oleh para wisatawan lokal.

Potensi wisata yanga ada di desa ini dapat dikembangkan lebih baik lagi, apalagi bila mulai didtangi oleh wisatawan.

Meski ada potensi wisata, sayangnya desa pada tahap ini belum memiliki kelompok yang memiliki kesadaran akan hal tersebut.

Sehingga perlu adanya pembinaan pada kelompok pengelola desa yang nantinya akan mampu mengembangkan menjadi desa wisata.

3. Sadar Wisata

Desa wisata pada tahap ketiga telah memiliki masyarakat yang telah sadar akan wisata di tempatnya.

Di tahap ini desa memiliki potensi wisata yang dibuktikan mulai dikunjungi oleh para wisatawan.

Desa tersebut memiliki kelompok pengelola yang mampu mengembangkan potensi di wilayahnya dengan menggunakan dana yang ada.

4. Mandiri

Tahap ini desa telah memiliki inovasi untuk mengembangkan potensi wisata yanga dimilikinya.

Telah memiliki saran dan prasarana yang memenuhi standar serta destinasinya telah diakui bahkan tingkat dunia.

Pengelolaan desanya telah bersifat pentahelix yaitu kolaborasi antara pemerintah, pelaku, komunitas, media, serta akademisi.

Dengan empat tahapan tersebut, maka Anda kan mampu mengembangkan potensi wisata yang dimiliki.

Mengetahui cara membuat konsep desa wisata dari awal hingga akhir, akan sangat membantu Anda sebagai pengelola.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *