Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri? Nah, masalah ini paling sering dialami oleh sebagian besar pengguna kartu Telkomsel, meskipun tidak semua, tetapi banyak pengguna mengklaim bahwa pulsa Telkomsel berkurang dengan sendirinya, meskipun Anda mungkin tidak merasa berlangganan atau mengaktifkan data, tetapi masih berkurang saat mengunggah.

Nah, tentunya cukup merugikan Anda sebagai konsumen bila pulsa yang tidak Anda dapatkan tiba-tiba turun walaupun tidak langsung dikemas misalnya akan habis dengan sendirinya.

Bahkan bisa dikatakan masalah ini adalah masalah klasik karena bisa terjadi di hampir semua smartphone, tidak hanya itu, ponsel jadul pun sering mengalami hal seperti itu.

Tentu anda sebagai pengguna selain bingung sebenarnya tidak tahu apa yang menyebabkan pulsa telkomsel saya drop dengan sendirinya padahal saya merasa tidak ingin menggunakannya.

Nah pengelolanya sendiri sering mengalami hal seperti itu, kalau saya tetap tenang pasti saya temukan alasannya nanti, jadi saran saja, ketika mengalaminya coba saat pulsa langsung masuk, begitulah Saya sering melakukannya.

Baca juga: Cara Daftar Paket Nelpon Telpon Rumah Terbaru dan Terlengkap Telkomsel

Karena kalau kita biarkan saja yang rugi, toh tidak pernah kita pakai, terus turun sendiri apalagi kalau isi pulsa banyak.

Penyebab Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri

Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri 1
Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri

Jadi sebelum kita masuk ke cara mengatasinya, kita harus tahu dulu apa penyebabnya? Jadi, inilah beberapa kemungkinan alasannya.

1. Layanan GPRS aktif

Oleh karena itu, penyebab pertama pulsa Telkomsel menurun dengan sendirinya adalah kemungkinan layanan GPRS aktif, ya, alasan yang satu ini paling sering terjadi.

Banyak pengguna yang membuka wa, facebook dan lain-lain seolah-olah tidak terhubung dengan internet tapi nyatanya memang terhubung.

Hal ini bisa terjadi pada semua jenis seluler, termasuk jenis seluler lama atau lama, bahkan jika Anda tidak merasa sedang mengembangkan sesuatu, jika GPRS aktif, pulsa akan hilang dengan sendirinya.

2. Daftar dengan layanan SMS Premium

Alasan selanjutnya pulsa Telkomsel turun sendiri mungkin karena Anda mendaftar layanan SMS premium, ya, pengguna jarang menyadari hal ini.

Ketika Anda secara tidak sengaja mendaftar ke layanan sms premium, pulsa Anda akan dipotong secara teratur untuk semua sms, Anda juga harus tahu ini, jika ada sms masuk dan terlihat seperti layanan, maka Anda harus memeriksanya .

Karena pulsa Anda akan terus turun setiap kali SMS premium masuk, sekarang Anda bisa mengecek apakah Anda sering mendapat SMS aneh.

3. Langganan NSP terdaftar

Nah, tentunya Anda sebagai pengguna Telkomsel sudah tidak asing lagi dengan layanan NSP ini, jadi salah satu penyebab pulsa Telkomsel berkurang dengan sendirinya adalah kemungkinan Anda sudah terdaftar di layanan NSP atau sering disebut dengan nada sambung pribadi.

NSP meru[akan sebuah layanan musik atau nada dering, jadi ketika ada pengguna yang anda prioritaskan maka nada dering yang masuk akan berbeda dengan yang lainya.

4. Belum Berhenti Paket Internet

Ya beberapa paket internet telkomsel ada yang secara otomatis memperpanjang, jadi tidak otomatis terhenti ketika paket internetnya habis.

Ini juga sering saya alami sendiri tanpa sadar, bahwa pulsa telah berkurang setelah saya kroscek ternyata saya belum berhenti salah satu layanan paket internet.

Solusi Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri

Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri 2
Kenapa Pulsa Telkomsel Berkurang Sendiri

Nah setelah kita mengetahui beberapa penyebab yang mungkin terjadi, dibawah ini kami berikan beberapa solusi untuk mengatasi pulsa telkomsel berkurang sendiri atau tersedot.

1. Blokir GPRS Sementara

Yang pertama untuk solusi kenapa pulsa telkomsel berkurang sendiri anda bisa melakukan blokir terhadap GPRS tetapi hanya sementara.

Dengan memblokirnya beberapa waktu maka akan menghentikan penyedotan pulsa tersebut, untuk memblokirnya sendiri anda bisa telpon ke nomor 188 dan jelasakan masalah anda serta minta diblokir akses GPRS terlebih dahulu.

Tetapi pastikan yaa bahwa data seluler tidak dalam keadaan aktif karena kalau dalam keadaan aktif ya wajar bahwa pulsa telkomsel anda berkurang sendiri karena terhubung ke internet dan paket internet mungkin sudah habis.

Selain ke nomor 188 anda juga bisa datang ke grapari untuk meminta melakukan pemblokiran GPRS sementara ini, jika lokasinya deket yaa kalau jauh ya pakai nomor 188 saja.

2. Lakukan UNREG Pada Layanan SMS

Nah yang berikutnya solusi kenapa pulsa telkomsel berkurang sendiri adalah silahkan lakukan UNREG kepada sms yang sering masuk.

Jika anda sering menerima sms masuk dan terlihat seperti sebuah layanan, maka silahkan lakukan UNREG, biasanya setipa sms yang masuk memberitahukan bagaimana cara UNREG.

Contoh misalnya anda mendapatkan SMS dari nomor tertentu dan setiap sms itu masuk pulsa anda berkurang, silahkan balasa saja asal, nanti pihak tersebut akan mengirimkan sebuah pesan penjelasan nah penjelasan tersebut ada cara untuk menghentikan layanan.

3. Lakukan UNREG Juga Pada Layanan NSP

Nah jika anda merasa bahwa ada nada dering telepon yang berbeda maka kemungkinan anda sudah terdaftar ke layanan nada sambung pribadi.

Jika layanan ini aktif maka pulsa anda akan secara otomatis di potong, oleh karena itu silahkan lakukan UNREG juga siapa tau tidak sengaja mengaktifkan layanan ini, nah untuk mengatasi kenapa pulsa telkomsel berkurang sendiri anda bisa berhenti layanan nsp ini.

Berikut cara berhenti langganan NSP:

  • Pertama buka aplikasi SMS hp anda.
  • Lalu ketikan nomor 1212.
  • Tap kolom pesan dan masukan format sms ketik OFF dan tekan kirim ke nomor 1212.

Jika anda memang terdaftar maka akan mendapatkan sms bahwa anda telah berhenti layanan NSP, namun jika tidak maka akan diberitahu bahwa anda belum menggunakan layanan tersebut.

4. Menghentikan Layanan Berlangganan Paket Internet

Yang keempat solusi kenapa pulsa telkomsel berkurang sendiri adalah silahkan anda berhenti layanan berlangganan paket internet.

Ketika anda berlangganan paket internet seharusnya anda selalu mendapatkan sms pemberitahuan bahwa pulsa anda dipotong untuk memperpanjang masa aktif paket internet tersebut.

Nah silahkan berhenti layanan paket internet tersebut dengan melalui kode dial, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama silahkan buka aplikasi menu dial.
  • Berikutnya silahkan anda ketikan kode dial *363# dan tekan panggil.
  • Akan muncul daftar menu, silahkan pilih opsi pake lainya lalu pilih menu Berhenti / S&K.
  • Nah maka akan muncul daftar paket yang sedang aktif atau terdaftar.
  • Hentikan semua paket yang aktif tersebut.
  • Selesai.

Maka ketika layanan paket internet tersebut berhenti maka masalah pulsa berkurang sendiri akan hilang dan kembali normal lagi.

5. Manfaatkan Media Sosial Telkomsel

Solusi selanjutnya kenapa pulsa telkomsel berkurang sendiri adalah anda bisa memanfaatkan media sosial telkomsel untuk mencari tahu dan mengatasi masalah tersebut.

Media sosial telkomsel hampir semua ada baik itu di ig, facebook, dan twitter, silahkan anda kirim pesan ke akun media sosial tersebut maka nantinya akan dibalas, lalu jelaskan masalah anda.

Biasanya respon yang paling cepat adalah twitter dan facebook, kalau untuk media siosial yang lainya saya kira kurang begitu cepat.

6. Datangai Gerai GRAPARI Telkomsel

Yang terakhir untuk mengatasi kenapa pulsa telkomsel berkurang sendiri adalah anda bisa datang ke gerai grapari telkomsel untuk mengatasi masalah anda.

Cara ini cukup efektif sekali dan ampuh, tetapi yaitu letaknya rata-rata jauh yaa dari lokasi anda, jika dekat langsung saja datang tidak perlu pikir panjang.

Disana malahan lebih jeas, cukup jelaskan permasalahan anda maka pihaknnya tersebut akan memberikan solusi atau diatas masalah tersebut sehingga tidak terjadi lagi.

Demikian informasi tentang penyebab dan solusi kenapa pulsa telkomsel berkurang sendiri yang bisa anda lakukan, semoga beberapa informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda sebagai pengguna, terima kasih.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.