Cara Menghitung Selling Price Paket Wisata dan Contohnya

Cara Menghitung Selling Price Paket Wisata dan Contohnya

PTMJS – Cara menghitung selling price paket wisata sangat penting dikuasi oleh para pengelola biro perjalanan.

Dengan mengetahui cara menghitung selling price paket wisata, Anda akan lebih mudah mengetahui keuntungan yang akan didapat.

Selain itu dengan mengetahui dan menguasai cara menghitung selling price paket wisata, Anda dapat mengukur kemampuan menjual produk.

Saat ini sektor pariwisata menjadi yang tengah menggeliat dan terus meningkat jumlahnya.

Hal tersebut membuka peluang keuntungan bagi para pelaku atau penyedia paket wisata seperti agen tour and travel.

Namun sebelum menawarkan paket wisata pada calon wisatawan, Anda harus terlebih dahulu menguasai cara untuk menentukan harga.

Cara Menghitung Biaya atau Pengeluaran Paket Wisata

Berikut ini cara menghitung sekaligus contoh paket wisata yang akan dijual.

Misalkan Anda akan menawarkan atau menjual paket wisata 4 hari 3 malam, maka berikut ini cara menghitungnya.

Paket atau tour dengan jumlah peserta 20 oramg + 1 tour leader dan berikut rencana perjalanannya.

Hari 1: Transfer In atau transportasi dari bandara ke hotel.

Hari 2: Full wisata termasuk makan siang.

Hari 3: Full wisata termausk makan siang.

Hari 4: Transfer Out atau transportasi dari hotel ke bandara.

Perhitungan biaya atau pengeluaran untuk paket di atas dengan pemisalan sebagai beriikut.

Hari 1:

Sewa Bus: Rp1.000.000,-

Guide Fee: Rp50.000,-

Biaya Parkir: Rp10.000,-

Total= Rp1.060.000,-

Hari 2:

Sewa Bus: Rp1.500.000,-

Guide Fee: Rp100.000,-

Tiket Masuk 4 Objek Wisata: Rp5.000,- x 20 orang x 4 objek= Rp400.000,-

Biaya Parkir: Rp5.000,- x 4 objek= Rp20.000,-

Makan Siang: Rp25.000,- x 20 orang= Rp500.000,-

Total= Rp2.520.000,-

Hari 3:

Sewa Bus: Rp1.500.000,-

Guide Fee: Rp100.000,-

Tiket Masuk 3 Objek Wisata: Rp5.000,- x 20 orang x 3 objek= Rp300.000,-

Biaya Parkir: Rp5.000,- x 3 objek= Rp15.000,-

Makan Siang: Rp25.000,- x 20 orang= Rp500.000,-

Total: Rp2.415.000,-

Hari 4:

Sewa Bus: Rp1.000.000,-

Guide Fee: Rp50.000,-

Parkir di Bandara: Rp10.000,-

Total= Rp1.060.000,-

Harga sewa kamar Rp500.000,- per kamar per malam dan diisi oleh dua orang peserta, sehingga dibutuhkan 10 kamar.

Biaya sewa kamar menjadi:

Rp500.000,- x 10 kamar x 3 malam= Rp15.000.000,-

Maka total pengeluaran untuk paket wisata 4 hari 3 malam adalah:

Rp1.060.000,- + Rp2.520.000,- + Rp2.415.000,- + Rp1.060.000,- + Rp15.000.000,-= Rp22.055.000,-

Biaya per peserta: Rp22.055.000,- : 20 orang= Rp1.102.750,-

Dibulatkan menjadi: Rp1.110.000,-

Selling Price Paket Wisata

Setelah mengetahui besarnya pengeluaran untuk paket wisata 4 hari 3 malam dengan 20 peserta, kini saatnya menghitung harganya.

Misalkan Anda ingin mengambil keuntungan sebesar 15 persen maka saatnya mengalikannya dengan besar pengeluaran.

Rp1.110.000,- x 15%= Rp166.500,-

Dengan demikian, maka harga jual paket wisata tersebut adalah:

Rp1.110.000,- + Rp166.500,-= Rp1.276.500,-

Nah, itulah cara menghitung selling price paket wisata yang mudah dan bisa langsung Anda coba agar dapat merasakan keuntungan dibisnis ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *