5 Cara Memilih Powerbank Yang Bagus 2022, Jangan Salah Pilih!

5 Cara Memilih Powerbank Yang Bagus 2022, Jangan Salah Pilih!

Cara Memilih Powerbank Yang Bagus – Meningkatnya jumlah pengguna gadget telah mempengaruhi bidang lain dalam produksi aksesoris. Misalnya, bank daya adalah aksesori yang berguna untuk mengisi daya ponsel cerdas, kamera digital, jam tangan pintar, atau gadget lainnya.

Pabrikan terkenal seperti Aukey, Samsung, Anker dan Orico menawarkan bank daya dengan kemampuan berbeda. Semakin tinggi kapasitas daya yang disematkan pada power bank, maka semakin lama digunakan. Jadi, bagi kamu yang ingin membeli power bank, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan agar nantinya bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sebagai perangkat yang didesain portabel, power bank kerap dibawa kemana-mana. Bahkan, tidak hanya sebagai teman traveling, perangkat ini juga banyak dibawa oleh para pelajar di lembaga pendidikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, baik itu untuk mengerjakan tugas, mengerjakan ujian, media sosial dll.

Bagaimana Cara Memilih Powerbank Yang Bagus?

Mengetahui pentingnya power bank bagi pemilik gadget, tak jarang produsen memproduksi power bank. Bodi yang lebih besar dan lebih berat tidak selalu memiliki kapasitas baterai yang besar. Ada banyak kasus di mana ketika bank daya diisi dengan operasi, itu sebenarnya memiliki pasir sebagai pemberat.

Oleh karena itu, untuk menghindari penipuan, sebaiknya perhatikan tips memilih merek power bank terbaik berikut ini.

Pilih power bank yang lebih besar dari baterai gadget

Jika Anda ingin membeli power bank untuk digunakan di smartphone, Anda perlu memperhatikan baterai smartphone dan kapasitas power bank yang ingin Anda beli. Sebaiknya pilih power bank yang memiliki kapasitas penyimpanan daya lebih besar dari smartphone Anda. Jika perlu, cari dua hingga tiga kali lebih besar.

Mengapa? Pasalnya, seringkali informasi yang tertera pada body produk tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Jadi, misalnya Anda memiliki ponsel dengan baterai 3.000mAh, maka pilihlah power bank dengan kapasitas minimal 6000mAh. Saat ini sudah banyak power bank dengan kapasitas di atas 10.000 sehingga bisa diisi ulang hingga dua kali.

Samakan nilai aliran daya pada ponsel dan power bank

Smartphone dibuat dengan berbagai fitur canggih yang membuat penggunanya semakin dimanjakan. Misalnya, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur fast charging kan? Fitur ini banyak ditemukan di smartphone dengan harga di kisaran 1 jutaan ke atas.

Mekanisme dari fitur fast charging adalah mengirimkan daya dalam jumlah besar ke smartphone. Semakin banyak daya yang dikirimkan, semakin cepat ponsel Anda akan mengisi daya. Ini juga bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam memilih power bank. Setarakan level saat ini yang dapat ditahan ponsel Anda untuk meningkatkan masa pakai baterai. Sebisa mungkin cari power bank yang arusnya sama dengan HP kamu.

Pertimbangkan fitur keamanan yang disematkan

Fitur keamanan pada power bank ini sangat membantu penggunanya untuk menghindari berbagai jenis kecelakaan. Beberapa produsen membuat produk dengan berbagai jenis perlindungan.

Misalnya, power bank akan mencegah korsleting atau korsleting. Fitur ini akan melindungi ponsel Anda dan juga melindungi Anda dari risiko sengatan listrik.

Selain fitur short-circuit protection, power bank ini juga dilengkapi dengan fitur lain seperti overcharging protection. Ini adalah fitur yang diaktifkan saat baterai ponsel penuh. Oleh karena itu, power bank akan mati secara otomatis alias saat baterai dalam kondisi baterai 100%. Fitur lain yang dapat ditemukan pada power bank adalah pengatur panas berlebih atau pelindung suhu.

Utamakan memilih produk branded original

Jangan pernah terkecoh dengan harga yang murah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli power bank dengan merek yang sudah dikenal banyak orang. Nama-nama seperti Sony, Samsung, Asus, Vivan dan Xiaomi telah menjadi produsen terpercaya.

Namun perlu diketahui bahwa celah untuk pemalsuan dapat disebabkan oleh sejumlah individu, terutama di toko online yang kurang dapat diandalkan. Jika Anda menemukan power bank berkapasitas besar dengan banyak fitur merek ternama, namun harga jualnya relatif murah, sebaiknya Anda mewaspadai produk tersebut.

Pilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Bagi yang belum tahu, power bank terbagi menjadi dua jenis yaitu power bank dengan baterai kering dan power bank dengan baterai isi ulang sehingga bisa lebih sering digunakan.

Bagi Anda yang sangat membutuhkan power bank namun tidak ingin merogoh kocek lebih karena satu dan lain hal, power bank jenis baterai kering bisa menjadi pilihan. Harga yang relatif murah dengan kapasitas yang cukup akan membantu Anda saat bepergian.

Jika Anda ingin sering menggunakan produk, pilih bank daya dengan sistem input ampere. Jenis ini adalah yang paling produktif sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukannya.

Harganya sendiri bervariasi tergantung dari kapasitas baterai dan fitur yang disematkan di dalamnya. Disarankan untuk memilih power bank yang berukuran compact agar tidak memakan banyak tempat di dalam tas Anda.

Kata Terakhir

Setelah memahami poin-poin yang perlu diperhatikan saat mencari power bank, Anda bisa menyiapkan anggaran dan pergi ke toko untuk membeli produk dengan kriteria yang diinginkan. Kalau tidak mau ribet bisa pesan online di pasar-pasar seperti Tokopedia, Bookpack, Shoppe, dll.

Cara Memilih Powerbank Yang Bagus

Cara Memilih Powerbank Yang Bagus dan awet

Cara Memilih Powerbank Yang Bagus terbaru

Cara Memilih Powerbank Yang Bagus berkualitas

Cara Memilih Powerbank Yang Bagus dan keren

Cara Memilih Powerbank Yang Bagus tahan banting

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.